Rabu, 26 Februari 2014

Kabeh Kudu Ngaji

oleh: Sri Wahyuni, S.Ag.

اطلب العلم من المهد الى اللهد  artinya tuntutlah ilmu dari buaian sampai ke liang lahat ( Hr. muslim ) dari hadis di atas jelas sekali bahwa kewajiban menuntut ilmu tidak dibatasi oleh apapun baik jenis kelamin, usia ataupun daerah. Semua orang berkewajiban untuk mencari ilmu selama desah nafas masih terasa. Betapa pentingnya ilmu sehingga Allah menjanjikan akan mengangkat  orang-orang yang beriman dan berilmu beberapa derajat. Bahkan dalam surat … Allah SWT berfirman :” apakah sama orang-orang yang tahu dan yang tidak tahu? “
Sungguh luar biasa perbedaan antara  orang-orang yang berilmu dengan orang-orang yang tidak berilmu, sebab orang berilmu mereka beramal karena ilmunya sedangkan orang yang tidak berilmu mereka beramal karena ketidaktahuannya.
Keutamaan-keutamaan ilmu antara lain :
1.      Pertanda orang yang memiliki rasa cinta dan takut kepada Allah SWT.
Sudah seharusnya orang yang memiliki ilmu itu semakin tawadhu’ dalam kehidupannya dan rasa cinta dan takutnya kepada Allah semakin besar.
2.      Jihad ( bersungguh-sungguh )
Sahabat mu’adz bin Jabal mengatakan bahwa,” sesungguhnya menuntut ilmu itu termasuk jihad fisabilillah.”
3.      Dengan ilmu seseorang dapat menggapai derajat disisi Allah SWT
Seseorang akan beramal dengan benar  manakala didasari dengan ilmu. Ibarat ilmu itu adalah imam sedangkan amal adalah makmum atau yang mengikuti.
4.      Dengan ilmu seseorang akan mendapatkan kemuliaan di dunia maupun diakhirat.
Dalam sebuah hadis rasulullah bersabda, “ Barang siapa yang menginginkan kehidupan dunia maka, harus dengan ilmu, dan barang siapa yang menginginkan kehidupan akhirat maka, juga dengan ilmu, dan barang siapa yang menginginkan keduanya maka itu juga dengan ilmu.”
5.      Dapat menyelamatkan dirinya dan orang lain
Orang yang memiliki ilmu ketika memberi nasehat atau memberitahu orang lain berdasarkan ilmu sehingga tidak menyesatkan orang lain, sementara orang yang tidak berilmu memberi tahu orang lain atau menasehati orang lain berdasarkan ketidaktahuannya atau kayaknya dan ini bias menyesatkan.

Karena keutamaan ilmu yang sedemikian luar biasa, maka kami ( civitas sdit ) berusaha untuk senantiasa mendorong diri kami dan juga seluruh komponen yang berperan di sekolah untuk tak pernah bosan-bosannya menambah ilmunya ( dengan mengikuti pengajian ). Kegiatan semacam ini sudah kami lakukan untuk para guru, karyawan, sopir  anak-anak SDIT  , alumni SDIT, maupun sebagian orang tua murid SDIT. Inilah salah satu program “GERAKAN MENGAJI UNTUK SEMUA”

Besar harapan kami dan insya Allah kami siap untuk membantu bapak ibu wali murid SDIT Izzatul islam ikut mensukseskan gerakan ini.

0 komentar:

Posting Komentar