Rabu, 26 Februari 2014

Ke Mana Perginya Air?

oleh: Lilis Setyowati, S.Pd.
Musim hujan telah tiba, sehingga matahari jarang sekali menampakkan keceriaannya dari hari ke hari. Para  orang tua mengeluh tentang banyaknya cucian basah yang tak kunjung kering karena cuaca mendung. Tapi,  kenapa ya...? walau cuaca mendung dengan suhu yang rendah lama kelamaan baju yang dijemur tingkat kadar air nya akan semakin berkurang, lalu kemana perginya air yang membasahi cucian tadi ...?
Air tadi tidak menghilang, air hanya akan selalu berpindah tempat dari satu tempat ke tempat yang lain, perpindahan tersebut melalui berbagai proses  yaitu perubahan wujud. Perubahan wujud ada 5 macam yaitu mencair, mengembun, menyublim, membeku dan menguap. Naahhh ... perubahan wujud yang terjadi pada cucian yang basah adalah penguapan. Air yang terdapat di serat – serat kain akan menguap menjadi gas. Semakin tinggi suhu air, akan membuat air semakin cepat menguap. Jadi wujud cair tadi akan berubah menjadi uap.

Naaahhhhh .....peristiwa perputaran air disebut siklus air. Jadi dimuka bumi ini air akan mengalami peristiwa perputaran, yang tidak akan menyebabkan air akan habis terpakai. Air hanya berubah wujud.

0 komentar:

Posting Komentar